Senin, 02 April 2012

PROMOSI AGRIBISNIS UNTUK KESEJAHTERAAN PETANI

JAKARTA – Menteri Pertanian Dr. Suswono mengatakan bahwa program pembangunan pertanian merupakan upaya untuk memfasilitasi dan mendorong usaha pertanian sehingga memiliki nilai tambah dan daya saing yang tinggi baik di pasar domestik maupun internasional yang pada akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani.

“Hal ini sesuai dengan visi Kementerian Pertanian yaitu terwujudnya pertanian industrial unggul berkelanjutan yang berbasis sumberdaya lokal untuk meningkatkan kemandirian pangan, nilai tambah, daya saing, ekspor dan kesejahteraan petani,” ujarnya dalam pembukaan Agrinex Ekspo ke-6 di Jakarta Convention Center (JCC)  Jumat (30/3/2012).
Saat ini, 80 % produk pertanian Indonesia masih diekspor dlm bahan mentah, dan hanya 20% yang merupakan produk olahan. Ditargetkan pada akhir 2014 rasio ekspor pertanian untuk produk olahan dapat meningkat hingga 50%. “Promosi adalah salah satu bentuk strategi pengembangan pemasaran, dimana melalui promosi, product image dan brand image dapat dibentuk, untuk itu diperlukan kampanye terus menerus, yang salah satunya melalui pameran atau ekspo,” tambah Mentan.

Sementara itu, Wakil Menteri Pertanian Dr. Rusman Heriawan mengatakan bahwa Ekspo ini merupakan suatu wahana yang dapat dipakai semua stakeholder yang menjadi pelaku utama agribisnis. “Ekspo ini diharapkan dapat menjadi tempat saling komunikasi antara konsumen dan produsen, karena dalam Ekspo ini terdapat berbagai informai mengenai agribisnis, mulai dari on farm hingga off farm,” tambahnya.
Dalam kesempatan ini, Badan Litbang Pertanian turut menampilkan berbagai inovasi teknologi unggulannya. Terintegrasi dalam booth Kementerian Pertanian, ditampilkan antara lain jagung varietas Bima 9 dan Bima 11, pepaya merah delima, sirsak varietas ratu, kentang varietas tenggo, bawang merah trisula, serta bawang merah sembrani.

Berbagai produk juga ditampilkan seperti telur asin manik merah, sop instan, jus belimbing, pupuk organic pellet, pupuk organic granul, Nodulin, Biobus, M-dex, dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar