Minggu, 04 Maret 2012

Padi Lokal Mandel


Beras merah merupakan jenis beras yang memiliki berbagai kandungan vitamin terutama Vit. B dan Vit. E. Di Gunungkidul saat ini terdapat beberapa rumah makan menyajikan nasi merah (sego abang) dan sayur lombok ijo sebagai ciri khas Gunungkidul. Kalangan masyarakat tertentu sudah banyak membeli beras merah untuk dikonsumsi sehari-hari.
Salah satu jenis varietas padi lokal yang menghasilkan beras merah yaitu Varietas Mandel. Tanaman ini masih dikembangkan oleh sebagian petani di wilayah Gunungkidul. Pada Lokasi MP3MI Gunungkidul dilakukan pendampingan penanaman padi Varietas Mandel di lahan tegalan yang terletak di Dusun Grogol 5 Bejiharjo.
Selain jenis padi yang ditanam pada lahan pendampingan tersebut, petani sebagian memilih jenis varietas lain meliputi Situbagendit, Ciherang. Pada musim tanaman MH-I 2011 penanaman dilakukan pada awal November.
Cara tanam padi Mandel yakni ditugal dengan jarak tanam bervariasi (20-30 cm). Tinggi tanaman mencapai kurang lebih 160 cm dengan jumlah anakan rata-rata 5-6 per rumpun. Hasil keragaan di lapang tanaman padi varietas Mandel cukup menarik dibandingkan dengan varietas lain.
Jumlah gabah dalam satu malai mencapai kurang lebih 215 bulir. Panen akan dilakukan pada minggu ketiga bulan Februari 2012 dengan umur tanaman kurang lebih 110 hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar